Hindari Hal Ini Sebelum Anda Tidur!

hal-yg-pantang-dilakukan-sblm-tidur-WEB-770x560
source: http://www.go-dok.com

Tidur merupakan salah satu anugerah untuk merelaksasi tubuh yang kelelahan setelah beraktivitas seharian. Uniknya, beberapa orang dapat tidur dengan mudah saat  mendapatkan posisi nyaman. Namun, bagi beberapa orang, tertidur merupakan masalah tersendiri karena  meskipun sudah berjam-jam merebahkan tubuh di atas kasur, kantuk tidak kunjung datang.

Ternyata, aktivitas di malam hari, baik yang dilakukan secara sadar maupun tidak,  dapat mempengaruhi kualitas dan siklus tidur. Jika Anda menginginkan tidur yang berkualitas agar badan kembali segar di pagi hari, sebaiknya hindari hal-hal berikut ini:

1. Berolahraga Berat

Menurut Dr. Janet Kennedy, pakar masalah tidur dari New York, kebiasaan berolahraga berat di malam hari ternyata dapat menyebabkan Anda sulit tertidur. Ini dikarenakan olahrga seperti angkat beban atau lari berkilo-kilometer dapat membuat jantung berdegup lebih kencang. Hal inilah yang membuat Anda akan tetap terjaga meskipun malam sudah sangat larut. Hasilnya, siklus dan kualitas tidur terganggu sehingga badan pun tidak akan terasa segar di pagi hari. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ubah kebiasaan berolahraga harian Anda. Pilihlah olarhaga ringan, seperti yoga, di malam hari  karena dapat turut merelaksasi badan dan pikiran. Sedangkan untuk olahraga berat, lakukan di pagi hari karena terbukti dapat meningkatkan energi untuk beraktivitas.

2. Makan Berat

Selain berolahraga berat, Anda juga tidak disarankan untuk memakan makanan tinggi kalori sebelum tidur.  Ahli tidur dari University of Stanford, Dr. Maurice Ohayon, menyatakan bahwa konsumsi makanan tinggi  kalori sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Ini dikarenakan sistem pencernaan tubuh akan tetap bekerja untuk mengurai makanan yang masuk. Hal ini serupa seperti yang dinyatakan oleh duta tidur Nancy Rothstein, kebiasaan makan malam terlalu larut akan memaksa sistem pencernaan untuk terus bekerja di malam hari.  Solusinya, posisikan tubuh Anda secara horizontal saat tidur. Tujuannya adalah untuk mempermudah dan mengurangi beban sistem pencernaan .

3. Menggunakan Alat Elektronik

Bagi Anda yang sering menonton televisi, membuka smartphone, atau mengecek e-mail di laptop sebelum tidur, sebaiknya kurangi kebiasaan tersebut karena aktivitas tadi terbukti dapat menurunkan kualitas tidur. Alat elektronik dapat mengganggu proses relaksasi tubuh karena cahaya yang dipancarkan dapat membuat mata sulit terpejam.

Dilansir dari www.go-dok.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s