Ayo, Jaga Kesehatan Keluarga Anda Selama Liburan!

Ayo-Jaga-Kesehatan-Keluarga-Anda-selama-Liburan_web-1

Libur panjang di akhir pekan pastinya menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh Anda sekeluarga. Banyak rencana menyenangkan yang dapat dicoba, mulai dari berkumpul bersama sanak saudara hingga berlibur mengunjungi tempat wisata bersama. Namun, Anda harus berusaha ekstra untuk mempersiapkan seluruh anggota keluarga sebelum pergi berlibur, terutama mengenai kesehatan mereka. Mengapa? Karena jika ada satu saja anggota keluarga yang sakit, seluruh agenda liburan bisa hancur berantakan.

Lalu, bagaimana cara menghindari hal tersebut? Tenang, ini dia beberapa tips bermanfaat yang patut dicoba agar Anda dan keluarga terhindar dari serangan penyakit selama liburan:

1. Perbaiki pola hidup harian

Sebelum berlibur, ada baiknya Anda mulai memperbaiki pola hidup harian agar tubuh bugar serta siap melakukan perjalanan jauh saat berwisata nanti. Ada beberapa cara yang dapat  dicoba, mulai dari berolahraga secara teratur, tidur tepat waktu, hingga mengonsumsi makanan kaya gizi dan nutrisi. Jika pola hidup ini dibiasakan, tentu Anda dan keluarga akan terhindar dari berbagai infeksi virus dan bakteri pemicu penyakit.

2. Rajin konsumsi sayuran hijau

Tahukah Anda bahwa sayuran dengan kadar klorofil tinggi sengatlah baik bagi kesehatan tubuh?  Sayur semisal bayam, brokoli, sawi, mentimun, dan seledri terbukti tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun, namun juga mengoptimalkan proses detoksifikasi tubuh. Karenanya, yuk, ajak keluarga untuk rutin  mengonsumsi sayuran jenis ini setidaknya 2 minggu sebelum liburan Anda dimulai!

3. Lakukan tindakan pencegah flu

Salah satu hal yang harus Anda waspadai saat berlibur panjang adalah datangnya flu. Penyakit ini mudah sekali menyerang di kala daya tahan tubuh sedang lemah. Karenanya, ada baiknya Anda melakukan berbagai upaya pencegahan, seperti dengan rutin meminum campuran teh hangat dan jahe. Jika langkah tadi dirasa kurang, maka Anda dapat mencoba solusi lain, yaitu dengan mendapatkan vaksin flu dari rumah sakit terdekat.

4. Cuci tangan dengan sabun

Bakteri penyebab penyakit dapat menginfeksi Anda dan keluarga di mana saja dan kapan saja. Menyeramkan, bukan? Oleh karena itu, biasakanlah untuk mencuci tangan sesudah dan sebelum makan atau setelah menggunakan toilet. Jika memang perlu, Anda juga dapat membekal cairan antiseptik agar dapat digunakan setiap saat. Mudah, bukan?

5. Gunakan masker

Christoper Stanford, seorang associate professor dari University of Washington, menyarankan untuk selalu menggunakan masker di tempat umum, seperti terminal dan taman kota. Hal ini penting dilakukan, karena bakteri bisa saja menular melalui mulut dan hidung. Jadi, tidak ada salahnya Anda berjaga-jaga dengan selalu memakai  masker.

6. Bawalah minyak kayu putih

Anda sebagai orang tua pasti paham dengan fakta bahwa buah hati sering merasakan pusing dan mual ketika melakukan perjalanan jauh. Untuk mengatasi hal tersebut, sangat disarankan untuk selalu membekal minyak kayu putih selama berwisata. Mengapa? Karena aromaterapi serta hangat yang dikeluarkan oleh minyak yang satu ini dapat meredakan rasa mabuk anak. Mau coba?

Itu dia beberapa tips jitu yang dapat Anda praktikkan menjelang liburan. Selamat bersenang-senang!

Sumber: http://www..go-dok.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s