Peran Ayah dalam Keluarga

peran-ayah-dalam-keluarga-1

GoDok – Memang tidak mudah bagi seorang ayah untuk membagi waktu dan perhatian antara urusan keluarga dengan pekerjaan di kantor. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa peran ayah sangatlah penting dalam membangun keluarga yang harmonis. Sebagai contoh, keberadaan ayah terbukti berdampak positif bagi proses tumbuh kembang buah hati, baik secara fisik maupun mental.

Seperti yang telah Anda ketahui, kasih sayang serta perhatian yang diberikan oleh ibu dan ayah merupakan hal yang penting bagi anak karena dapat mempengaruhi kondisi dan kestabilan psikologisnya. Sudah banyak kasus yang menunjukkan bahwa kurangnya kasih sayang orang tua berpengaruh besar terhadap pembentukan kepribadian, perilaku, rasa percaya diri, kestabilan emosi, dan kesehatan jiwa anak.

(Baca: Anak Pendiam? Yuk, Dongkrak Percaya Dirinya dengan Cara Ini!)

Lalu, seberapa pentingkah peran ayah bagi keluarga? Menurut Ronald P. Rohner, Ph.D., direktur Center for the Study of Parental Acceptance and Rejection dari University of Connecticut, peran ayah dalam membentuk pribadi dan emosi anak tidak kalah penting dengan ibu, jika tidak dikatakan lebih penting. Ronald menyatakan bahwa dari beberapa kasus yang ditangani timnya, terlihat pola serupa antara absennya sosok ayah di keluarga dengan anak  yang cenderung bermasalah pendidikannya, nakal, hingga terbiasa menggunakan obat-obatan terlarang.

(Baca: Keturunan Menentukan Kecerdasan, Mitos atau Fakta?)

Kenapa bisa demikian? Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa sosok ayah dianggap sebagai pengontrol proses tumbuh kembang anak agar lebih stabil. Sosok ayah yang lebih tegas dan disiplin dianggap sebagai pengendali perilaku anak agar tidak melewati batas normal.

Jadi, Anda sosok ayah, masih enggan menjalin hubungan yang dekat dan akrab dengan buah hati? Terbukti, banyak sekali manfaat yang didapat anak sedari kecil hingga dewasa, mulai dari kecenderungan untuk berprestasi di dunia pendidikan, tingkat IQ yang lebih tiggi dibanding nilai normal, hingga kepribadiannya yang terbentuk menjadi sosok yang penuh kasih. Ayo, jadi super dad!

Sumber: www.go-dok.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s