Serba-serbi Jerawat Punggung

Jerawat-Punggung-WEB

GoDok – Seperti yang telah kita ketahui, jerawat tidak hanya dapat muncul di area wajah saja; namun juga di bagian tubuh lainnya, seperti punggung. Sama dengan wajah, jerawat yang muncul di punggung juga disebabkan oleh produksi kelenjar minyak berlebih, sel kulit mati, serta infeksi bakteri pada pori-pori kulit. Meskipun jerawat punggung biasanya diderita oleh kaum pria, namun tidak menutup kemungkinan wanita juga mengalaminya.

Sebenarnya, apa saja sih penyebab munculnya jerawat pada daerah punggung? Berikut penjabaran selengkapnya:

1. Kelenjar sebasea

Kelenjar sebasea adalah kelenjar mikroskopis yang terdapat di seluruh bagian tubuh yang tertutup oleh rambut. Nah, salah satu kinerja kelenjar ini adalah mengeluarkan substansi berminyak yang disebut dengan sebum. Meskipun sebum sebenarnya berfungsi untuk melumasi dan membuat tubuh manusia menjadi tahan air, namun produksinya yang berlebihan -terutama di area punggung- justru menyebabkan folikel rambut tersumbat. Inilah yang memicu timbulnya jerawat.

2. Keringat

Perlu Anda ketahui bahwa kelenjar keringat terdiri dari dua jenis, yaitu kelenjar ekrin (eccrine gland) dan kelenjar apokrin (apocrine gland). Dari dua jenis tadi, kelenjar ekrin lah yang dicurigai banyak pihak sebagai dalang utama munculnya jerawat di punggung. Lho, kok bisa? Ternyata, sebagian besar keringat yang Anda keluarkan merupakan produksi utama kelenjar ekrin. Nah, ketika tubuh memproduksi banyak keringat, kulit akan terasa lengket. Hasilnya, bakteri akan lebih mudah menempel di pori-pori kulit dan memicu penyumbatan. Mengejutkan!

3. Memakai Pelembut dan Pewangi Pakaian

Ternyata, beberapa kebiasaan sehari-hari juga turut menyebabkan timbulnya jerawat punggung. Apa sajakah kebiasaan yang dimaksud? Salah satunya adalah penggunaan produk pelembut dan pewangi pakaian. Jelasnya, beberapa orang akan menunjukkan gejala alergi ketika kulit terpapar bahan kimia yang terkandungan dalam produk pelembut dan pewangi pakaian. Reaksi inilah yang dapat memicu timbulnya iritasi sehingga kulit lebih rentan terkena infeksi bakteri.

4. Pakaian

Terakhir, penyebab munculnya jerawat di punggung adalah penggunaan pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap keringat. Hasilnya, keringat yang terjebak dalam kulit akan bercampur dengan bakteri dan sel-sel kulit mati, lalu menyumbat pori-pori dan menimbulkan iritasi.

Lebih lanjut, kebiasaan mengenakan pakaian yang terlalu ketat dapat membuat pori-pori kulit tidak bisa bernafas sehingga membuat produksi minyak dan keringat menjadi berlebihan. Akhirnya, tidak hanya pori-pori kulit akan tersumbat, namun gesekan dari pakaian juga dapat menyebakan peradangan sehingga membuat kondisi jerawat lebih parah.

Sebelum terlambat, yuk, cegah timbulnya jerawat punggung dengan beberapa cara mudah berikut ini:

  1. Membersihkan seluruh badan dengan sabun anti bakteri minimal 2 kali sehari. Langkah ini dianggap ampuh dalam membunuh bakteri dan kuman yang ada di permukaan kulit. Karenanya, selalu pastikan bahwa tidak ada area tubuh yang terlewat ya!
  2. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang tidak panas dan menyerap keringat, seperti katun. Selain itu, hindari kebiasaan mengenakan pakaian yang terlalu ketat. Karena, tentunya Anda ingin pori-pori kulit dapat bernapas secara leluasa, bukan?
  3. Tidak memakai pakaian yang sama secara berulang-kali tanpa mencucinya terlebih dahulu. Mengapa? Karena keringat dan sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan dan tertinggal pada pakaian yang dipakai berulang-ulang dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.
  4. Melakukan scrub minimal satu minggu sekali. Scrub berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Itu tadi serba-serbi jerawat punggung yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

(Baca: 7 Makanan dan Minuman Penyebab Jerawat)

Sumber: www.go-dok.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s