6 Manfaat Sinar Matahari Bagi Kesehatan

sinar-matahari-web

GoDok – Seringkali, kita merasa enggan beraktivitas di luar rumah karena teriknya sinar matahari. Masuk akal, sih! Sebab, selain dapat memicu produksi keringat berlebih karena suhu tubuh yang meningkat, paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit tubuh dan wajah terlihat hitam dan kusam.

Eits, jangan salah! Di balik semua ketakutan di atas, Anda tidak dapat memungkiri bahwa sinar matahari menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Berikut, Go Dok paparkan 6 manfaat sinar matahari yang harus Anda ketahui:

1. Mengandung vitamin D

Seperti yang telah Anda ketahui, tubuh manusia dirancang untuk memproduksi vitamin D setiap kali kulit terpapar sinar UVB yang berasal dari pancaran sinar matahari. Lalu, apa manfaat vitamin D bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

  • Ternyata, vitamin D bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi karena membantu proses penyerapan kalsium dan fosfat oleh tubuh.Cara kerjanya, vitamin D akan merangsang penguraian fosfat menjadi fosfor -senyawa yang berperan dalam menguatkan gigi serta gusi. Selain itu, vitamin D juga berperan sebagai katalisator proses penyerapan kalsium di dalam usus untuk kemudian ditransfer ke setiap membaran sel. Tentunya, Anda sudah paham tentang betapa pentingnya kalsium bagi perkembangan serta kesehatan tulang, bukan?
  • Selanjutnya, vitamin D juga berkhasiat untuk menurunkan risiko terkena kanker (kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes.
  • Terakhir, vitamin D terbukti dapat menurunkan kadar koleterol serta mencegah penyakit Lho, kok bisa? Ketika kulit terpapar sinar matahari, otak akan mengirim sinyal pada tubuh untuk mengirim kolesterol yang tadinya ada dalam darah untuk bergerak menuju kulit. Setelah itu, dengan bantuan sinar matahari, kolesterol akan diubah menjadi vitamin D. Proses inilah yang akhirnya dapat menyeimbangkan jumlah kolesterol jahat dengan kolesterol baik. Ssst, jika kebiasaan baik ini terus dilanjutkan, Anda akan terhindar risiko menderita penyakit jantung, lho!

2. Mengurangi gula darah

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu fungsi sinar matahari adalah sebagai insulin alami tubuh. Artinya, sinar matahari dapat membantu tubuh dalam mengubah gula darah menjadi glikogen  untuk kemudian disimpan di hati dan otot.

3. Meningkatkan kebugaran pernafasan

Ingin terhindar dari risiko mengidap gangguan pernapasan? Bisa jadi, sinar matahari merupakan solusi yang Anda cari-cari selama ini. Hal ini dikarenakan sinar matahari terbukti dapat meningkatkan kadar oksigen yang diangkut dalam darah untuk kemudian disebar ke seluruh jaringan tubuh.

4. Memperbaiki sistem kekebalan tubuh

Selanjutnya, sinar matahari dipercaya banyak pihak mampu meningkatkan produksi sel darah putih, terutama limfosit. Nah, seiring dengan bertambahnya limfosit, sistem kekebalan tubuh pun akan ikut membaik. Dampaknya, Anda akan terhindar dari infeksi virus penyebab penyakit.

5. Mengatasi Insomnia

Melatonin, atau yang juga dikenal sebagai ‘hormon malam’, erat kaitannya dengan kualitas tidur yang Anda dapatkan. Semakin rendah jumlah hormon ini di dalam tubuh, maka semakin rentan pula Anda menderita gangguan tidur, seperti insomnia. Karenanya, sering-seringlah berjemur sebab sinar matahari terbukti ampuh merangsang kelenjar pinealis untuk memproduksi hormon melatonin.

6. Mengurangi stress

Terakhir, hilangkan stres akibat pekerjaan sehari-hari dengan rutin berjemur. Alasannya tidak lain karena sinar matahari dapat merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dalam jumlah besar. Jika sudah begitu, dijamin Anda akan lebih bahagia, fokus dalam berkerja, serta berpikiran positif.

Itu tadi 6 manfaat sinar matahari bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Eits, jangan asal berjemur! Pilihlah waktu yang tepat di mana sinar matahari kaya akan UVB, yaitu dibawah jam 9 pagi dan diatas jam 4 sore. Semoga bermanfaat!

Baca artikel terkait mengenai manfaat sinar matahari pagi bagi tubuh, klik di sini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s