Gusi Anda Berdarah? Mungkin Saja Ini Penyebabnya

gusi-anda-berdarah_web

GoDok -Hampir setiap orang pernah mengalami gusi berdarah, salah satunya mungkin saja Anda. Seringkali, kondisi ini dianggap sepele dan Anda biarkan berlalu begitu saja. Eits, jangan salah! Gusi berdarah bisa saja disebabkan oleh kurangnya Anda merawat kesehatan gigi, lho!

Gusi, yang dalam dunia kedokteran gigi disebut gingiva, merupakan jaringan lunak di atas tulang yang berfungsi mengikat gigi pada posisinya dalam lengkung rahang. Dalam kondisi sehat, gusi Anda akan terlihat menutupi sepertiga permukaan atas bagian gigi, memiliki warna merah muda, bertekstur kenyal dan kuat, serta tidak mudah berdarah saat Anda menyikat gigi. Harus Anda ketahui, bahwa peran gusi memiliki peran yang amat penting, yaitu menjaga agar gigi tetap melekat kuat pada tempatnya. Karenanya, gusi menjadi salah satu bagian dari rongga mulut Anda yang sudah tentu harus selalu dijaga kesehatannya.

Nah, saat gusi menjadi mudah berdarah ketika menyikat gigi atau mengonsumsi sesuatu, hal ini dapat berarti Anda kurang merawat bagian-bagian tertentu gigi Anda, atau memiliki kebiasaan yang merusak gigi. Lantas, hal-hal apa lagi sih yang dapat menyebabkan perdarahan pada gusi? Jawabannya dapat Anda simak pada poin-poin berikut ini :

a. Penyakit tertentu

Seseorang yang tengah menderita penyakit berupa gangguan pada sistem peredaran darah seperti hemofili, leukemia, dan HIV/AIDS atau penyakit sistemik seperti diabetes, dapat mengalami kerusakan pada jaringan gusi. Selain penyakit-penyakit tersebut, kondisi gigi yang sudah mati (gigi gangren) juga bisa menyebabkan terbentuknya nanah/pus di dalam gusi sehingga gusi menjadi mudah berdarah.

b. Penumpukan plak yang berlebih

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa plak pada gigi mengandung banyak bakteri. Nah, plak yang banyak menumpuk di permukaan gigi ini merupakan salah satu hal penyebab radang pada gusi yang dinamakan gingivitis. Kondisi ini menyebabkan gusi membengkak sehingga menjadi mudah berdarah, terutama pada saat menyikat gigi.

c. Karang gigi (kalkulus)

Karang gigi, yang pada dasarnya terbuat dari tumpukan plak-plak gigi, sudah pasti mengandung bakteri yang sangat banyak. Kalkulus yang menempel pada permukaan gigi ini bisa saja menyebabkan reaksi inflamasi (peradangan) pada gusi sehingga gusi menjadi mudah berdarah. Bahkan, gusi dapat pula mengalami perdarahan spontan karena hal ini meskipun Anda tidak sedang menyikat gigi. Jadi, lebih baik Anda mulai merawat gigi sejak dini, agar tidak timbul karang gigi.

d. Trauma mekanis berlebih

Jika Anda punya kebiasaan menggosok gigi terlalu keras, mengulik gigi menggunakan tusuk gigi, membuka tutup botol kaleng dengan gigi, dan tidak mengganti gigi palsu yang sudah tidak pas di dalam rongga mulut, berhati-hatilah. Sebab, kesemua hal itu dapat melukai gusi sehingga gusi mudah berdarah.

e. Medikasi atau konsumsi obat tertentu

Jarang yang mengetahui bahwa mengonsumsi obat tertentu dapat menimbulkan efek samping gusi berdarah. Salah satunya adalah konsumsi obat dilantin yang dapat mengakibatkan pembesaran gingiva, serta konsumsi obat aspirin yang memperpanjang waktu penggumpalan darah gusi, sehingga gusi menjadi mudah berdarah.

f. Kondisi hormonal
Meskipun terkesan ganjil, namun kondisi di mana gusi berdarah merupakan salah satu hal yang cukup sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh kondisi hormonal pada masa kehamilan yang menyebabkan pembesaran pada gusi (hipertrofi gingiva) sehingga gusi mudah berdarah. Kondisi ini biasanya terjadi pada 3 bulan pertama kehamilan dan tidak berbahaya sama sekali. Meski begitu, jika pendarahan terjadi terus-menerus dan tidak berhenti, segeralah periksakan hal ini ke dokter kandungan Anda.

Semoga bermanfaat!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s