Tertawalah dan Rasakan Segudang Manfaatnya!

bakar-kalori-ketawa-web

GoDok- Tertawa merupakan ekspresi alami manusia dalam menunjukkan kebahagian dan rasa senang. Begitu positifnya dampak tertawa yang bisa Anda rasakan bagi jiwa, sampai-sampai Charles Dicken -pengarang fiksi ternama dari Inggris- dalam suatu bukunya pernah menulis; “There is nothing in the world so irresistibly contagious as laughter and good humor,”. Memang, bagi kebanyakan orang, tertawa bisa bikin ketagihan. Ditambah lagi, tertawa juga digadang-gadang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan mental dan fisik. Benarkah?

Steve Wilson, seorang psikologis ahli terapi tertawa, mengatakan bahwa tertawa  hampir sama dengan melakukan olahraga ringan. Pada saat tertawa otot-otot di sekitar wajah dan tubuh diregangkan, nafas dan denyut nadi menjadi lebih cepat, serta tekanan darah meningkat yang menyebabkan oksigen lebih banyak masuk ke dalam tubuh. Wah, banyak juga, ya. Mau tahu manfaat tertawa lainnya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Manfaat tertawa bagi kesehatan fisik

Banyak yang meragukan fakta bahwa tertawa lebar dapat memberikan manfaat signifikan terhadap kesehatan fisik. Padahal faktanya, kebaikan tertawa untuk tubuh bukan sekadar omong kosong, lho! Tidak percaya? Simak saja penjelasan tentang manfaatnya berikut ini, seperti :

1. Memperlancar aliran dan menurunkan tekanan darah

Berdasarkan penelitian yang diadakan oleh University of Maryland, pembuluh darah seseorang yang sedang menonton komedi terbukti bekerja lebih lancar dibandingkan mereka yang menonton drama. Hal ini dikarenakan tertawa memiliki efek yang dapat meningkatkan aliran darah dan memperlancar pembuluh darah sehingga secara tidak langsung juga melindungi jantung Anda. Karena hal inilah, para penderita penyakit jantung dan hipertensi dianjurkan untuk banyak tertawa.

2. Mencegah penyakit

Pada kebanyakan orang, tingkat stres dapat berhubungan erat dengan penurunan pada respon sistem imun. Karenanya, banyak orang berpendapat bahwa seseorang yang jarang stres karena banyak tertawa, memiliki sistem imun yang bagus. Untuk memperkuat pendapat tersebut, sejumlah studi juga memperlihatkan bahwa kemampuan seseorang dalam menggunakan selera humornya bisa meningkatkan kandungan antibodi yang bertugas memerangi infeksi di dalam tubuh. Berkat hal ini, sistem kekebalan tubuh dapat melawan infeksi untuk mencegah berbagai penyakit.

3. Pereda sakit

Apakah Anda sedang menderita sakit gigi? Atau nyeri pada masa haid? Jika iya, banyaklah tertawa dengan menonton komedi atau bercengkerama dengan orang yang gemar melawak. Sebab, tertawa dapat menghasilkan zat endorphin, yang berguna untuk meredakan rasa sakit pada tubuh. Karena hal inilah, penderita kanker yang baru selesai menjalani kemoterapi dianjurkan untuk  banyak tertawa guna mengurangi rasa nyeri.

4. Membakar kalori

Jarang yang mengetahui bahwa tertawa sebanyak 100 kali sama besar manfaatnya dengan bersepeda selama 15 menit. Bahkan menurut Maciej Buchowski, seorang peneliti dari Vanderbilt University, tertawa dapat mengeluarkan 50 kalori setiap 10 – 15 menit. Ditambah lagi, tertawa juga mampu membakar lemak pada perut sebanyak 3,5 kalori. Hmm.. Cocok nih dicoba oleh Anda yang sedang diet untuk mengecilkan perut.

5. Mencegah diabetes

Menurut beberapa peneliti, tertawa dapat menurunkan kadar gula pada tubuh, lho. Faktanya, kadar glukosa dan jumlah otot yang aktif di dalam tubuh akan meningkat ketika Anda tertawa. Hasilnya, kadar gula pada darah tidak akan mengendap terlalu lama di dalam tubuh.

Manfaat tertawa bagi kesehatan jiwa

Selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik, tentu tertawa juga menyimpan banyak kebaikan bagi kesehatan mental Anda, seperti :\

1. Obat stress

Michael Miller dari Univesity of Maryland mengatakan bahwa tertawa akan mempengaruhi mengurangi produksi hormon yang menyebabkan stres. Sebab, secara psikologis, tertawa mampu  mengubah perspektif Anda menjadi lebih realistis. Sehingga kemudian kecenderungan Anda untuk mendramatisasi sesuatu -yang adalah penyebab utama stres- akan berkurang. Hasilnya? Masalah Anda tentu akan terasa lebih ringan dan stres pun akan berkurang.

2. Memperpanjang usia

Tahukah Anda, bahwa dengan tertawa, pikiran Anda akan cenderung memproduksi hal-hal yang positif? Hal inilah yang kemudian dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan terhindar dari stres. Nah, jika Anda menjalani semua hal dengan tenang dan terus berpikiran positif, kondisi mental Anda akan menjadi lebih sehat dan tentunya berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

3. Awet muda

Pernahkah Anda mendengar ungkapan bahwa terus-terusan cemberut akan membuat wajah menjadi lebih cepat tua?  Hal ini ternyata ada penjelasannya, lho. Ternyata, ketika Anda tertawa terbahak-bahak, puluhan atau ratusan otot wajah dan seluruh otot di tubuh  serentak akan bergerak sehingga wajah Anda berada dalam kondisi rileks. Karenanya, tidak akan mudah muncul kerutan di wajah Anda.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Bagi Anda yang sering merasa kurang percaya diri dalam hidup, banyak-banyaklah tertawa, ya. Sebab, tertawa bisa membuat Anda lebih berani dan percaya diri dalam menghadapi segala konflik yang terjadi. Otomatis hal tersebut membuat Anda terbebas dari kata cemas dan depresi yang disebabkan oleh jiwa yang negatif.

Nah, setelah tahu manfaatnya, masih enggankah Anda untuk memperbanyak tawa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s