Bahaya! Jangan Mengucek Mata Saat Gatal

bahaya-jangan-mengucek-mata-saat-gatal_webSaat mata terasa perih, gatal, atau kelilipan, Anda mungkin akan mengucek-ngucek organ penglihatan yang satu ini. Iya, kan? Secara ilmiah, hal ini memang ampuh untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada mata sebab air mata yang keluar akan membuat mata basah dan lembab seperti sedia kala.

Namun, tahukah Anda, bahwa kebiasaan mengucek mata justru dapat memperparah rasa gatal? Hal ini sejalan dengan pernyataan Nici Singletary, MD., FACEP., dari American Red Cross Scientific Advisory Council, yang mengemukakan bahwa kebiasaan ‘sepele’ ini ternyata membuat kotoran dan partikel asing menyebar ke seluruh permukaan mata. Hasilnya, mata menjadi merah dan terasa perih.

Pensaran dengan bahaya mengucek mata lainnya? Yuk, baca penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Cedera/luka pada kornea

Menurut Profesor Charles McMonnies, dari UNSW School of Optometry and Vision Science, mengucek-ngucek mata ternyata dapat melukai kornea karena tekanan yang dihasilkan 10 kali lebih besar daripada tekanan mata normal.

Selain itu, mengucek mata juga dapat memicu kelainan keratoconus, yaitu suatu kondisi di mana kornea mata melemah dan terdorong ke depan sehingga dapat berubah bentuk menjadi seperti kerucut, atau runcing seperti bola rugby. Hal inilah yang menyebabkan Anda kesulitan untuk melihat hingga harus menggunakan kacamata.

2. Glaukoma

Seperti yang telah diulas dalam artikel Glaukoma sebelumnya, kebiasaan mengucek mata dapat menyebabkan tekanan pada bola mata bertambah. Nah, salah satu akibat yang harus diwaspadai dari hal tersebut adalah meningkatnya risiko Anda terkena glaukoma. Mengerikan, bukan?

3. Pendarahan Mata

Selanjutnya, dampak buruk dari mengucek mata yang harus Anda ketahui adalah meningkatnya risiko pendarahan mata hingga timbulnya efek bayangan pada penglihatan. Lho, kok bisa? Lagi-lagi, hal ini dipicu oleh tingginya tekanan yang diterima mata saat dikucek sehingga pembuluh darah kecil di sekitar mata pecah. Yuk, berhenti mengucek mata!

4. Infeksi Mata

Ini dia hal yang jarang Anda perhatikan saat mengucek mata; kebersihan tangan. Tangan yang kotor dan dipenuhi bakteri akan membuat mata terkena infeksi. Hasilnya, bukan rasa lega yang dirasa, namun mata merah dan perih yang Anda dapatkan.

5. Kantung Mata Hitam

Ternyata, kantung mata hitam tidak hanya disebabkan oleh kurang tidur, lho! Mengucek mata juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, hindarilah mengucek mata saat  terasa gatal atau kering, ya!

Itu tadi beberapa efek negatif dari kebiasaan mengucek mata. Lalu, apa yang harus dilakukan jika mata terasa gatal? Anda dapat mengompres mata dengan air dingin atau menggunakan obat tetes mata jika gatal tidak kunjung reda. Mudah, bukan? Ayo, jaga kesehatan mata mulai dari sekarang!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s