Rambut Indah Bebas Ketombe

rambut-indah-bebas-ketombe-web_rev

Siapa sih yang tidak ingin tampil sempurna dengan memiliki rambut yang sehat dan bebas ketombe? Rambut berketombe adalah masalah yang sering dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di negara beriklim tropis. Ada beberapa penyebab timbulnya ketombe, seperti gaya hidup yang tidak sehat, cuaca, penggunaan shampo yang tidak cocok dengan kulit kepala, penggunaan sisir sembarangan, dan bahkan terlalu banyak menggunakan shampo anti ketombe. Masalah ketombe tidak bisa dianggap remeh karena apabila dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan ketombe akut dan menimbulkan gatal yang luar biasa pada kulit kepala. Berikut ini beberapa tips mengatasi ketombe secara alami.

1. Lemon dan jeruk nipis

Sebagian orang mungkin sudah mengetahui pencegahan ini. Lemon dan jeruk nipis mempunyai tingkat keasaman tinggi yang berkhasiat untuk menghilangkan ketombe. Anda hanya membutuhkan beberapa lemon/jeruk nipis. Peras lemon/jeruk nipis sampai airnya keluar. Kemudian, oleskan air lemon/jeruk nipis tersebut ke kulit kepala sampai merata sambil memijatnya. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan air hingga bersih. Lakukanlah secara berkala sampai mendapatkan hasil maksimal.

2. Cuka

Memiliki tingkat keasaman tinggi, cuka dapat mengatasi masalah ketombe. Zat asam abrasif pada cuka mampu mengelupas sel-sel kulit mati di kulit kepala. Anda hanya membutuhkan cuka putih. Keramaslah terlebih dahulu. Lalu, campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala secara merata dan diamkan sekitar 30 menit. Setelah itu, basuh rambut dengan air.

3. Pandan

Walaupun pandan biasanya digunakan untuk aroma makanan, akan tetapi, kandungan mineral yang terdapat pada pandan mampu menutrisi rambut dan mengatasi ketombe. Ambil 5 – 8 lembar daun pandan dan cuci bersih. Lalu, remas daun pandan hingga hancur dan campur dengan air hangat secukupnya. Setelah itu, usap air tersebut ke kulit kepala hingga merata. Lakukan selama beberapa menit. Kemudian, bilas rambut dengan air.

4. Garam

Banyak khasiat yang terdapat pada garam untuk kesehatan. Selain pencegahan amandel, garam juga bisa menghilangkan ketombe. Kandungan kristal abresif yang terdapat pada garam mampu mengangkat ketombe. Sebelum memulai pencegahan, keramaslah terlebih dahulu. Kemudian, gosokkan garam ke kulit kepala sampai merata. Lakukan selama 10 menit. Setelah itu, basuh dengan air.

5. Minyak kelapa dan zaitun

Minyak zaitun banyak digunakan untuk pencegahan beberapa penyakit seperti diabetes, stroke, dan menghilangkan ketombe. Anda dapat menggunakannya setelah keramas. Oleskan minyak zaitun di kulit kepala secara merata dan diamkan sekitar 30 menit. Lalu, bilas rambut dengan air. Sama halnya dengan minyak kelapa, Anda dapat mengoleskannya pada kulit kepala setelah keramas dan tunggu sekitar 30 menit. Lalu bilas dengan air. Vitamin E yang terkandung pada kelapa mampu menghilangkan ketombe.

Anda dapat mencoba cara-cara di atas untuk menghilangkan ketombe. Atasilah ketombe sebelum menjadi akut. Menjaga makanan serta pola hidup juga salah satu cara untuk menghilangkan ketombe. Jaga terus kesehatan rambut!

sumber : http://www.go-dok.com

#sehat itu mudah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s