Kulit Anda Berminyak? Ayo Atasi dengan Cara Berikut ini!

kulit-anda-berminyak-ayo-atasi-dengan-cara-berikut-ini_web
Siapa sih yang suka dengan kulit wajah yang berminyak? Hampir setiap orang tidak menginginkannya, apalagi para kaum wanita. Memang, banyak rumor beredar bahwa wajah yang berminyak menyebabkan tampilan terlihat awet muda. Namun, jika tidak dirawat, kulit muka yang berminyak justru akan memicu munculnya jerawat dan komedo.

Sejatinya, minyak pada wajah berasal dari kelenjar sebaceous. Beberapa faktor, seperti pengaruh hormon wanita, datang bulan, stres, cuaca yang panas, hingga kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, santan, dan lemak yang tinggi terbukti meningkatkan kerja kelenjar sebaceous sehingga minyak atau sebum yang dihasilkan pun berlebih. Hasilnya, pori-pori wajah tersumbat sehingga Anda rentan terkena jerawat maupun komedo. Lantas,  bagaimanakah cara menangani minyak berlebih pada wajah? Yuk, intip cara jitu berikut ini:

1. Gunakan bedak obat atau bedak tabur

Tahukah Anda, bahwa bedak obat tidak hanya mengandung asam salsilat dan glikoat yang mampu menyerap minyak, namun juga dapat menjaga kulit wajah agar tetap lembap? Jika tidak ada persediaan bedak obat di rumah, pilihlah bedak tabur untuk diaplikasikan ke wajah. Teksturnya yang ringan tidak akan menyebabkan penyumbatan pori yang menjadi cikal bakal munculnya jerawat dan komedo.

2. Bersihkan wajah secara rutin

Kotoran, debu, dan bakteri yang menempel pada kulit wajah terbukti dapat menyebabkan wajah menjadi berminyak. Untuk mengatasinya, Anda disarankan untuk membersihkan wajah minimal 2 kali sehari. Eits, tapi jangan terlalu sering, ya! Karena kebiasaan membersihkan wajah secara berlebih justru akan membuat wajah Anda semakin berminyak.

3. Selektif pilih produk kecantikan

Bagi Anda yang memiliki wajah berminyak, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih produk kecantikan. Pertama, gunakan krim atau lotion berlabel oil-free .Selain itu, pilihlah pembersih wajah yang mengandung asam glikolat dan beta-hidroksi, sebab dua senyawa tadi terbukti dapat mengurangi produksi minyak wajah serta menghalau timbulnya jerawat.

4. Gunakan masker wajah alami

Agar wajah Anda terhindar dari minyak berlebih, gunakanlah masker yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti madu, tomat, dan apel. Mudah, kok, cara membuatnya! Untuk masker apel, misalnya, Anda cukup menghaluskan 1 buah apel lalu mencampurkannya dengan 3 sendok madu. Jangan lupa untuk mendinginkan terlebih dahulu masker di kulkas sebelum diaplikasikan ke wajah, ya! Jika dilakukan secara rutin, niscaya Anda akan terhindar dari wajah berminyak. Mudah, bukan?

5. Rutin meminum air putih

Sering disepelekan, kebiasaan meminumm air putih dalam jumlah yang cukup ternyata baik bagi kesehatan wajah. Lho, kok bisa? Sebab mineral yang terkandung dalam air putih ternyata tidak hanya bagus untuk melancarkan metabolisme tubuh dan kulit wajah, namun juga dapat membantu regenerasi sel kulit serta melembapkan kulit secara alami.

Selamat mencoba!

sumber : http://www.go-dok.com

#sehat itu mudah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s