Tips Rambut Sehat Walaupun Berhijab

rambut-sehat-walau-berhijab-WEB-770x560.jpg

Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat Islam terbanyak di dunia. Karenanya, tidak aneh jika banyak kaum hawa yang memutuskan untuk berhijab sebagai salah satu bentuk ketaatan terhadap agama. Namun, hal yang sering luput dari perhatian adalah kesehatan rambut bagi wanita berhijab. Mengapa? Rambut yang tertutup seharian lebih rentan terkena masalah, seperti gatal, lepek, ketombe, hingga rontok. Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk meminimalisir dampak penggunaan hijab? Berikut tips mudah yang dapat Anda coba agar tidak hanya cantik dari ‘dalam’, tapi juga tampil menawan dari luar:

1. Hindari mengikat rambut basah

Jika Anda muslimah berambut panjang serta terbiasa keramas di pagi hari, maka sebaiknya hindari mengikat rambut yang masih basah sebelum mengenakan hijab. Mengapa? Karena kebiasaan tersebut ternyata dapat membuat akar dan batang rambut lebih rapuh sehingga mudah patah. Selain itu, menutup rambut yang masih basah dengan hijab, Anda secara tidak langsung akan membuat kulit kepala lembap, gatal, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Solusinya, jika keramas di pagi hari tidak bisa dihindari, Anda dapat menggunakan hair dryer dengan suhu rendah hingga sedang agar rambut cepat kering.

2. Biarkan rambut bernafas

Menurut Dr. Natalia Botchkareva dari University of Bradford, rambut dapat tumbuh dengan optimal jika mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Dengan memakai hijab setiap hari, Anda telah membatasi asupan oksigen rambut sehingga tumbuh kembangnya pun akan terhambat. Solusinya, saat di rumah, usahakan untuk meluangkan waktu di mana Anda tidak mneggunakan hijab. Ini ditujukan agar rambut dapat ‘bernapas’ lebih leluasa. Mudah, bukan?

3. Cuci dalaman hijab secara teratur

Hayo, ngaku, apakah Anda termasuk muslimah yang jarang mencuci dalaman hijab? Jika iya, sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut, karena debu dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala dapat membuat pori-pori rambut tersumbat sehingga memicu timbulnya ketombe. Tentunya, Anda tidak ingin sering merasakan gatal, bukan?

4. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Tahukah Anda, bahwa ikatan rambut yang terlalu kencang dapat menekan akar rambut dan memicu kerontokan? Jangan anggap sepele lho, karena jika dibiarkan terus-menerus, hal ini akan membuat Anda lebih rentan terkena kebotakan prematur.

5. Menerapkan pola hidup sehat

Ingin rambut sehat meskipun mengenakan hijab? Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan zinc seperti daging merah, ayam, brokoli, biji-bijian, dan telur karena bahan pangan tadi terbukti berkhasiat untuk menutrisi folikel kulit, merangsang pertumbuhan rambut, hingga mencegah rambut kering dan berketombe.

Muslimah, selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s